top of page
  • Writer's pictureSisilia Ayu Sulistyani

Evaluasi Belajar Masa Kini



Pandemi corona yang menimpa seluruh negara dibelahan bumi ini menggenjot segala sistem yang semula berjalan menjadi tidak seperti sediakala. Sistem pendidikan juga terkena imbasnya. Implementor pendidikan khususnya pada sektor lembaga pendidikan, mau tidak mau demi meminimalisir dampak dari pandemi, akhirnya merubah arah kebijakan menjadi sistem pendidikan jarak jauh (PJJ).


Pada umumnya PJJ merupakan cara yang biasa digunakan untuk mendukung proses pembelajaran utama di kelas. Namun, dengan gesitnya semua pemangku pendidikan melakukan regenerasi sistem evaluasi belajar sebagai upaya monitoring PJJ.


Yaa.. masa pandemi ini mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya kita bisa temukan aplikasi online maupun platform yang dapat dimanfaatkan untuk proses PJJ. Beberapa diantara aplikasi yang saya maksud diantaranya adalah Kahoot dan Quiizizz.

Kedua aplikasi ini saat ini sering digunakan loh sebagai instrumen evaluasi belajar. Selain karena menarik, belajar pun jadi menyenangkan. Kedua aplikasi ini menyajikan permainan atau kuis yang dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja...





Senang sekali bukan jika kita bermain namun sebenarnya kita sedang belajar ??


Sekarang coba deh kita buat satu permainan atau kuis dengan kedua aplikasi itu. Meskipun bentuknya permainan, namun aplikasi ini tidak mengindahkan unsur pencapaian tujuan belajar kita, sobat. Bahkan, memudahkan guru/ dosen dalam memonitoring pencapaian belajar siswanya selama melakukan PJJ.


Kalo kamu (guru/ dosen/ siswa/ mahasiswa) menggunakan apa nih untuk mengukur pencapaian belajar selama dirumah ?


*Boleh jawab di komen yah :)


12 views0 comments

Comentários


bottom of page